Pages

Saturday, November 1, 2014

Bahasa Inggris "Kata-kata Mutiara"

Saya mencari padanan “Kata-kata Mutiara” di Kamus Inggris-Indonesia Shadily-Echols, di Kamus Lengkap Indonesia-Inggris Stevens-Schmidgall-Tellings, di Kamus Indonesia-Inggris Peter Salim. Tidak ketemu.

Sebenarnya apa sih padanan “kata-kata mutiara” dalam bahasa Inggris?

Menurut saya, “kata-kata mutiara” dalam bahasa Inggris adalah “quote” atau “quotation.” Tapi kalau anda cari di kamus, tidak ada yang mengartikan “quote” atau “quotation” sebagai “kata-kata mutiara.”


quote /kwowt/ kb. Kutipan  kkt. Mengutip, memetik (dari buku)

quotation /kwow’teisyen/ kb. Kutipan, tukilan, nukilan
(Sumber: Kamus Inggris-Indonesia Shadily-Echols)


quote: verb 1. To repeat or copy the words of (another), usually with acknowledgment of the source 2. To cite or refer to for illustration or proof 3. To repeat a brief passage  noun…4. A dictum, a saying

quotation: noun … 2. A passage quoted 3. An explicit reference or allusion in an artistic work to another, usually well-known work.
(Sumber: The American Heritage College Dictionary)


Walaupun sebenarnya “quote” (kata benda) mempunyai arti yang sama dengan “quotation,” tetapi menurut Gary Provost di buku 100 Ways to Improve Your Writing, pebahasa Inggris mengasosiasikan “quotation” dengan kata-kata terkemuka yang  terabadikan sepanjang masa.

Memakai definisi Gary Provost tersebut saya rasa “quotation” bisa dijadikan padanan bahasa Indonesia “kata-kata mutiara.”

Apakah ada pilihan lain?

Bagaimana dengan frase "words of wisdom": kata-kata bijaksana?

Rasa-rasanya sih cocok juga ya?

Sebelum mengakhiri pos ini, coba kamu perhatikan frase “kata-kata mutiara.” Tidakkah lebih tepat kalau kita sebut “kalimat mutiara”? Memang “kalimat mutiara” dirangkai dari “kata-kata,” tetapi “kata-kata” tersebut kalau berdiri sendiri tidaklah menjadi “mutiara.”

Kesimpulan yang saya ambil:

“Kata-kata Mutiara” atau lebih tepatnya “Kalimat Mutiara” = Quotation = Words of Wisdom.



Pos-pos yang berhubungan:

No comments:

Post a Comment