Pages

Saturday, November 1, 2014

Apa Beda "City" dengan "Town"?

Kata city dan town mempunyai arti yang sama dalam bahasa Indonesia: kota. Tapi kapan kita memakai kata "city" dan kapan kita memakai "town"?

Menurut kamus Inggris-Indonesia Echols & Shadily (Gramedia):

City /’sitie/ kb. (j. –ties) kota (besar)

Town /tawn/ kb. kota


Menurut Oxford American Dictionary:

City = large town

Town = an urban area that has a name, defined boundaries, and local government, and that is larger than a village and generally smaller than a city. Dalam bahasa Indonesia: area urban yang mempunyai nama, perbatasan yang jelas, pemerintahan lokal, dan yang mana lebih luas dari desa dan lebih kecil dari city.


Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa “city” lebih besar dari “town.” Tapi seberapa besar “lebih besar” ini?

Sayangnya tidak ada batasan yang spesifik.

Jakarta, kota terbesar di Indonesia, tak perlu diragukan adalah sebuah “city.” Surabaya, Medan, Bandung seharusnya juga termasuk kategori “city.” Tegal, Brebes, Garut kemungkinan tidak akan protes kalau disebut sebagai “town” alias kota tapi relatif kecil.

Tapi bagaimana dengan Bogor, Tangerang, Solo?  Kalau kamu warga Bogor dan boleh memilih memanggil Bogor dengan sebutan “city” atau “town,” kemungkinan kamu akan memilih “city.”

Mengapa saya berasumsi seperti itu?

Karena kebanyakan orang mengartikan besar lebih baik dari kecil, jadi saya merasa lebih banyak yang memilih “city” ketimbang “town.”

Karena itu saya menyarankan ini: kalau kamu tidak yakin suatu kota itu “town” atau “city”, lebih baik kamu memakai “city” karena kemungkinan besar penduduk kota tersebut tidak akan tersinggung kalau kota kecil tempat tinggal mereka dianggap besar oleh kamu.

Pos-pos yang berhubungan:

6 comments:

  1. oh jadi itu perbedaannya, selama ini saya bingung membedakannya, terimakasih penjelasan panjang lebar dan singkat. salam kenal <a href="http://www.iklangratispedia.com/>situs iklan baris gratis</a>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Jumadi, terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar.

      Delete
  2. sip dah, penjelasanx mudah di mengerti gan. thanks

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali pak iyan. sama bermanfaatnya dengan blognya pak iyan yang terusbelajarsaham

    ReplyDelete