Pages

Tuesday, July 29, 2014

Subjective Pronoun = Kata Ganti Subjek

Setelah membaca pos "Kata Ganti (Pronoun) "Dia" Bahasa Inggris = He, She, It" kamu tahu bahwa bahasa Inggris “dia” untuk laki-laki berbeda dengan "dia" untuk perempuan, juga berbeda dengan "dia" untuk hewan, tumbuhan, atau benda. 

dia laki-laki = he
dia perempuan = she
dia (hewan, tumbuhan, benda) = it

Tapi masalahnya tidak selesai di sini.

Dalam grammar Bahasa Inggris, kata "dia" tidak hanya tergantung jenis kelamin dan wujud, tapi juga tergantung posisi kata "dia" dalam sebuah kalimat, apakah sebagai subjek atau sebagai objek dalam kalimat tersebut.

Jadi, lebih spesifiknya "He, She, It" adalah kata ganti "dia" hanya kalau "dia" adalah subjek kalimat.

Contoh:

1. Dia (laki-laki) makan nasi = He eats rice.

2. Dia (perempuan) minum air = She drinks water.

"Dia" pada kedua kalimat di atas bertindak sebagai subjek, jadi kita memakai kata ganti "He" dan "She".

Kata ganti dalam posisi subjek seperti contoh di atas dinamakan Subjective Pronouns (kata ganti subjek).

Subjective Pronouns lainnya selain "He, She, It" adalah sebagai berikut:

saya = I 
kamu = you
kami, kita = we
mereka = they


Mungkin sampai di sini kamu masih kurang jelas tentang Pronoun sebagai subjek kalimat dan Pronoun sebagai objek kalimat. Agar lebih jelas, silahkan lihat contoh di bawah ini:

3. Saya makan nasi = I eat rice.

4. Chloe berbicara dengan saya = Chloe talks to me.

"Saya" dalam kalimat nomor 3 adalah subjek kalimat.

"Saya" dalam kalimat nomor 4 adalah objek kalimat.

Pada kalimat nomor 4, "me" adalah kata ganti "saya" kalau tersebut adalah objek kalimat. Nah, kata ganti pada objek kalimat ini dinamakan Objective Pronoun.

Ingin tahu Objective Pronouns lainnya? Silahkan klik di sini untuk membaca  “Objective Pronoun = Kata Ganti Objek.”


Pos-pos yang berhubungan:

No comments:

Post a Comment