Pages

Saturday, December 6, 2014

Mana Yang Benar: Colour atau Color?

Kata warna dalam bahasa Inggris adalah "colour." Tapi kamu mungkin sering juga melihat kata ini ditulis "color." Sebenarnya mana yang benar, "colour" atau "color"?

Jawabannya: kedua-duanya benar, hanya beda versi. 

"Colour" adalah penulisan versi bahasa Inggris Britania (British English) sedangkan "color" tanpa "u" adalah versi bahasa Inggris Amerika (American English). Jadi kamu bebas memilih mau pakai yang mana.

Tapi ada satu hal yang harus kamu perhatikan. Kalau kamu memilih "colour" kamu juga harus konsisten menggunakan versi British English dalam berbahasa Inggris. Demikian pula kalau kamu memilih memakai "color" kamu juga harus konsisten menggunakan American English dalam berbahasa Inggris.

Artinya?

Perbedaan British English dan American English tidak terbatas hanya pada kata "colour" dan "color." Masih banyak perbedaan-perbedaan yang lain, misalnya: "humour" dengan "humor," "favour" dengan "favor."

Jadi kalau kamu memilih British English, pakailah semua versi British English dalam berbahasa. Jangan mencampuradukkan British English dengan American English.

Saya akan membahas perbedaan lain British English dan American English di pos yang lain.

Pos-pos yang berhubungan:

6 comments: