Pages

Saturday, September 27, 2014

Bentuk Pronoun Tergantung Posisi: Subjek atau Objek, Part 1

Apakah pronoun itu?

Pronoun adalah kata ganti. Contoh pronoun pada bahasa Indonesia: saya, kamu, dia, mereka.

Perhatikan bahwa Pronoun dalam bahasa Indonesia tetap sama, apakah di posisi subjek atau objek.

Saya makan nasi.

Nasi dimakan saya.

Bahasa Inggris lebih ruwet. Dalam bahasa Inggris dikenal tiga bentuk pronoun: subjective (sebagai subjek), objective (sebagai objek), dan possessive (kepunyaan). (Pada pos ini saya hanya membahas subjective dan objective pronoun.)

Indonesia English
Saya menedang bola. Bola ditendang saya. I kick a ball. A ball is kicked by me.

Menambah keruwetan, bahasa Inggris membedakan pronoun kata orang ketiga (dia, ia) tergantung apakah dia itu laki-laki, dia itu perempuan, atau dia itu binatang atau benda mati.

Indonesia English
Andi suka Mira. Dia (Andi) juga suka Susi. Andi likes Mira. He also likes Susi.
Mira benci Andi. Dia (Mira) juga benci Susi. Mira hates Andi. She also hates Susi.
Anjing menggongong. Dia (anjing) menggonggong di pintu. A dog barks. It barks at the door.

Sampai di sini kamu perlu ingat dua perbedaan utama pronoun bahasa Indonesia dan pronoun bahasa Inggris:
  1. Pronoun bahasa Inggris berubah bentuk tergantung posisinya, apakah di subjek atau di objek.
  2. Pronoun dia dalam bahasa Inggris membedakan apakah dia laki-laki, dia perempuan, atau dia binatang/benda mati.

Siap untuk belajar lebih detail? Silahkan lanjut baca ke pos “Bentuk ‘Pronoun’ Tergantung Posisi: Subjek atau Objek, Part 2.”

Pos-pos yang berhubungan:

No comments:

Post a Comment